18 Oktober 2013

Penyebab Kegagalan Saat Wawancara Kerja

 
Ilustrasi


Wawancara kerja memang bisa membuat stres sehingga tanpa disadari memicu kita melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Padahal wawancara kerja adalah saat yang tepat untuk menunjukkan potensi yang kita miliki.

Jangan sampai Anda terjegal di tahap wawancara kerja karena kesalahan berikut ini.


1. Tidak menjawab pertanyaan
Sesulit apa pun pertanyaan yang diberikan saat wawancara kerja, terdiam atau secara polos menghindari pertanyaan dengan menjawab 'tidak tahu', bukanlah pilihan. Orang yang mewawancarai Anda ingin mengetahui apakah Anda mampu berpikir dengan cepat dan diplomatis.

Jika pertanyaan yang diberikan tidak jelas, jangan segan untuk meminta klarifikasi. Ini lebih baik ketimbang tidak bisa menjawab.  Jika Anda ditanya bagaimana menghadapi situasi tertentu yang belum pernah dialami, katakan saja Anda belum pernah melakukan tindakan A, tetapi sudah pernah melakukan B dan mampu menghadapinya. Dengan memberikan contoh prestasi Anda sebelumnya, secara tidak langsung Anda menegaskan diri sebagai aset potensial bagi perusahaan.

2. Terlalu gelisah
Memainkan rambut, menggoyangkan kursi, menggigit kuku, dan berbagai kebiasaan saat kita gelisah, tanpa disadari bisa muncul saat kita begitu tegang menghadapi wawancara kerja. Untuk menghindari gerakan-gerakan tubuh yang tidak perlu akibat rasa tegang dan gelisah, katupkan tangan dan letakkan di pangkuan.

3. Terlambat
Masih banyak orang yang menganggap remah kehadiran tepat waktu. Padahal jika saat wawancara kerja saja Anda sudah terlambat, bagaimana Anda bisa memenuhi permintaan klien? Jika Anda ingin membuat kesan yang baik, Anda harus datang tepat waktu, atau lebih cepat.

Supaya tidak terlambat, pasang alarm beberapa waktu lebih cepat dari biasanya. Jika Anda datang terlalu awal, carilah tempat yang nyaman untuk menunggu sehingga perasaan pun lebih relaks.

4. Busana tidak tepat
Anda mungkin pernah mendengar, "berpakaianlah seperti Anda sudah diterima bekerja di sana". Terlihat rapi dan profesional adalah keharusan saat wawancara kerja. Bahkan jika Anda tampak terlalu berlebihan (misalnya semua orang di kantor itu memakai jeans dan Anda datang dengan blazer rapi), jauh lebih baik ketimbang tampil acak-acakan. Berbusana rapi akan membuat kesan yang positif bahwa Anda adalah calon karyawan yang baik.

6. Tidak siap
Anda mungkin merasa selalu bisa menjawab pertanyaan apa pun dan punya prestasi segudang di kantor lama. Tetapi lebih baik Anda menyiapkan diri untuk setiap wawancara kerja.

Bacalah informasi mengenai perusahaan yang dilamar, bahkan jika perlu pelajari sedikit mengenai orang yang akan mewawancara Anda. Tak ada salahnya mengintip profil orang tersebut di LinkedIn. Makin banyak yang Anda ketahui mengenai perusahaan tersebut, makin besar peluang Anda untuk diterima.




kompas.com

1 komentar:

  1. Is it possible to play chess with friends on your - videodl.cc
    How to play chess with friends on your computer? Here you will find out if you can. The player can do so youtube mp4 by moving on

    BalasHapus